26.1.09

buku....


Abis baca novel’a E.S ITO ‘Rahasia Meede’ tentang harta karun VOC yang terpendam di Indonesia.

yang katanya waktu itu saat perjanjian KMB di Den Haag dulu, saat Indonesia disuruh menandatangani perjanjian

yg isinya kalo mw belanda si Overdongkrak pergi dari sini, Indonesia hrs mau nanggung beban utang Hindia belanda sebesar 5,6 milyar gulden (busyet dah’ duwit ato apaan itu?).

tapi disaat dilemma untuk menerima tawaran belanda itu, tiba2 ada orang tua yg datang dan nganjurin untuk nerima tawaran itu, Indonesia gak akan rugi nerima perjanjian itu karena ada harta karun yg ditinggalin nenek moyang belanda di sini dan itu belum terjamah oleh siapapun, harta karun itu gak sebangding dengan nilai 5,6 milyard gulden ato $ 1,13 Milyar, Indonesia gak akan rugi.

Nah ceritanya ya dimulai dari situ, pencarian harta karun VOC disertai dengan konflik2 yg terjadi.

Bagus d’ salut gw sama yg ngarang, nyeritain sejarah bangsa ini dari mulai jaman dimulainya Belanda maen-maen petak umpet & gobak sodor di Indonesia sama nenek moyang kita dulu. ampe akhir’a kesengsem sama tanah air kita 413 taon lalu trus mereka mulai nakal dengan mulai ngajak berantem nenek moyang kita ampe akhirnya terjadi perang perebutan daerah kekuasaan. Trus belanda juga mule ikut campur sama urusan dalam negeri kerajaan-kerajaan yg ada di Indonesia and ngadu domba raja2 di Bone, mataram, majapahit, etc-lah. Ampe merembet semuanya dan pada akhirnya Indonesia memerdekakan diri 63 taon lalu…

Sekalian belajar sejarah jaman dulu, perjuangan para pembela tanah air.

Yang gw salut lagi bang ITO ngejelasinnya detail banget dari nama-nama en silsilah keluarganya si Kumpeni ampe pejuang Indonesia dulu. Gw curiga, jangan-jangan bang ITO itu produk reinkarnasi orang jadul negh….hehehe.

Bikin pelajaran sejarah enak dibaca & dimengerti trus alurnya juga enak, walo tiap bab kita di suguhin cerita yg berbeda dan tentu aja ujungnya meruncing untuk ngejadiin satu simpul.

Coba dulu jaman gw sekolah buku sejarahnya model begini, pasti gw bakal dapet nile bagus mulu…

Ato guru sejarahnya kayak pak Uban deh, pasti gw maunya semua pelajaran di sekola tu sejaraaaah semua.

Guru2 yg laen bole pulang, muridnya lg sibuk di dongengin…hwehehehe….

Pokoknya kalo gak baca rugi deh, ini juga biking w penasaran sama cerita sejarah aslinya sampe gw browsing nyari2 sejarah sesungguhnya di WIKIPEDIA, jadilah gw rajin browsing skarang.

Tu si Ade ampe pgw paksa2 baca buku ini biar ujian sejarahnya dapet 100 (dia marah2 gw paksa mulu J)

Katanya ‘kurang kerjaan aja baca buku setebel batako…’

Yew, ni bocah gak tau apa? Baca buku itu bikin kita langsing tauk!!?

Hehe, terbukti pada diriku saat sibuk baca jadi males makan, mandi & gosok gigi…jadi bukan langsing aja efeknya tapi yang laen juga’ buktikanlah sekarang, cukup pesan ke 0809353232 khusus untuk daerah jabodetabek mendapatkan hadiah langsung touring bareng kompeni jaman VOC hiiiiiiiiiiiiiiiiyyyyyyyyyy………………




Tidak ada komentar: