2.4.09

situ gintung....situ oke??

Bencana situ gintung minggu lalu nyisain keporak porandaan (anjrit bahasa gw?) disana. Isak tangis para korban, keluarga yang ditinggalkan dan rasa kehilangan mereka bikin gw gak kuasa menahan haru biru, gw ber empati.

Waktu pertama kali gw liat berita di tipi, jumat siang lalu gw Cuma liat sekilas aja trus langsung ganti chanel lg (sebodo’).

Gw pikir cuman bencana biasa, kaek kali yang bates nya jebol doank, tapi kok britanya heboh banged ya?.

Pulang kantor di tipi lagi2 britanya ttg situ gintung, di radio, Koran juga sama.

Trus gw beli nasi bungkus juga sama, Koran bungkusannya dg head line yg sama…

(gak, yg ini lebay?!)

Akirnya mao ga mao gw tonton tu brita ampe abis.

TERNYATA…..


Itu berita sungguh mengerikan!!

Itu adalah sebuah waduk/danau teman-teman!!

Maap gw gak tau menahu ada sebuah danau yg namanya situ gintung di tangerang.

Dan itu serius bukan bencana kecil yg cuma makan korban binatang piaraan anyut ato mobil nyangkut di got.


Ya allah, gw turut berduka cita dengan apa yg terjadi sama penduduk disana gw bisa ikut ngerasain sedihnya kehilangan semua.

Kayak tsunami & tragedi jogja taon (brapa yak,lupa?) gw masi kuliah aja…

Semua tragedi yang uda terjadi kenapa kejadian’a PAGI semua???

Waktu tsunami mending agak siangan jam 7, uda pada bangun n mule aktifitas.

Di jogja jam 6 pagi, dan situ gintung pagi buta.

* Pakabar engkau yg pada gak sholat subuh (gw jarang,hehe)*


Kalo gw hari itu disitu gintung, gw masi tepar dan bisa dipastikan –LEWAT-

Gw inget gempa di jogja (gw di semarang) waktu itu jam 6 pagi, gw lg telponan sm temen, lagi asik2 nya ngerumpi ngomongin dagangan tiba2 si fikri treak-treak gara2 akuarium dikamarnya yg segede gaban tiba2 retak & aernya bikin banjir kamar. Trus dia lari sambil ngoceh gag jelas, yauda gw tutup aja telpon’a.

Gw pikir tu bocah mabog ampe treak2 gitu, secara masi tidur gw ajak ngrumpi pagi gituw!?

Dan gw salah besar dengan menuduh tu kupret lg mabog’

Siangnya eh sore, *gw ada kul. Ampe maghrib hari itu. liat berita ‘gempa djogja’

Dengan sisa puing dan korban yang berjatohan…

Gw spicles sambil telponin semua temen2 gw di jogja…alhamdulillah mreka selamat smua, Cuma ikan si kupret doank mati’a keinjek *ahahaha dangdut bgd’

Tapi anak dosen gw meninggal ketimpa runtuhan tembog rumah L.

Yaah, uda gitu siapa yang mao disalahin hayooo???

Udah gak usah saling nyalahin…smua punya andil atas peristiwa ini.

Pemda, Pemerintah, masyarakat…

Yang uda terjadi gak usah di ungkit2 sapa yg salah, skarang nyari jalan kluar yg terbaik buwat para korban.

*lewatin mana kek… lewat tol ajah biar lbih cepet.

(tapi gw gatel pengen ngomongin!!!! dasar rumpiwati)


Pemerintah:

Knapa coba ngijinin ada pembangunan perumahan penduduk disituw??

??Oknum??

Masi banyak tanah yg layak kok bikin disituw??

Liat lagi de posisi perumahannya…bener2 nampol banged kalo emang aer meluap dari waduk menuju ke lokasi kejadian.

* Bikin rumah disamping bendungan….knapa ga di tengah bendungan ajah?!


Kelayakan bendungan sebagai tempat penampungan jg tidak pernah di pantau.

Banyaknya debit air dengan kondisi alam yg bercurah hujan tinggi ini mengakibatkan luapan & pembatas uda ga bisa lagi nahan beban desakan aer.

Sedangkan resapan dibawah sudah tidak efektif lagi karena masyarakat sekitar kurang memperhatikan lingkungan.

Penduduk sekitar:

Yang gw denger dari intervw di tipi siiy, yang menghuni disitu bukan penduduk asli situ ya?? Kbanyakan pendatang.

Mreka lupa kenalan sama alam

*Alam gada waktu kenalan sm mreka, sibuk bikin album sm veti vera’


Knapa jd gw yg nyalahin??

Yaaa, skali lagi tuhan ngasi teguran buwat umatnya

Tinggal gimana kitanya ‘sadar ato gak?’

Juga bwt pemerintah, jangan semrono ngasi IMB, nggarap proyek sembarangan.

Para korban: yang tabah yaaaa, ini cuma ujian kenaikan kelas.


NeBeng: hmmm, ternyata gw bisa nulis yang ‘agak’ srius jg ya??

xixixixixi…..

Tidak ada komentar: